PBA IAIN Manado- Program Studi Pendidikan Bahasa Arab telah menyelenggarakan Kuliah Tamu, dengan tema, “Gagasan Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar, Kampus Merdeka,”yang dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting pada Rabu, 29 September 2021.

Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor IAIN Manado, Delmus Puneri Salim, M.A., M.Res., Ph.D dan juga dihadiri oleh pimpinan fakultas, Dr. Ardianto, M.Pd, selaku Dekan FTIK, Dr. Mutmainnah, M.Pd, selaku Wakil Dekan 1 FTIK, Dr. Adri Lundeto, M.Pd, selaku Wakil Dekan II, dan Dr. Feiby Ismail, M.Pd. selaku Wakil Dekan III, serta Para Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan FTIK.

Sebagaiman tujuan Pelaksanaan Kuliah Tamu untuk memberi pengenalan dan pemahaman terkait Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, maka Prodi PBA IAIN Manado mengundang Prof. Dr. H. Yayan Nurbayan, M.Ag (Guru Besar Departemen Pendidikan Bahasa Arab UPI Bandung) dan Singgih Kuswardono, M.A., Ph.D (Koordinator Pendidikan Bahasa Arab UNNES Semarang) sebagai narasumber yang memiliki kapasitas untuk menyampaikan materi tersebut. Dan, di saat yang sama, sebagai bentuk realisasi kerja sama Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Manado dengan Prodi Sastra Arab UMGO Gorontalo, maka Prodi PBA IAIN Manado mengundang Berti Arsyad, S.S., M.Hum (Dosen Sastra Arab UMGO Gorontalo) sebagai moderator, yang memandu jalannya kegiatan tersebut.

Di sela penyampaian materi, para Narasumber berharap ke depannya, realisasi dari Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini, bisa diwujudkan dalam bentuk kerjasama dan sinergitas antara UPI Bandung, UNNES Semarang, dan IAIN Manado demi peningkatan kualitas output lembaga.

Adapun peserta pada kegiatan ini terdiri dari, mahasiswa dan dosen di lingkungan IAIN Manado, mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi, seperti IAIN Parepare, IAIN Salatiga, IAIN Ternate, UNM Makassar, UMGO Gorontalo, UIN Alauddin Makassar, dan lain-lain. Begitu pula para guru Bahasa Arab dari berbagai madrasah atau sekolah di Sulawesi Utara dan di luar Sulawesi Utara. (Abdurrahman_PBA)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts