Pada Hari Ini Senin 29 Agustus 2022 telah dilaksanakan Sospem (Sosialisasi Pembelajaran) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah  dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tahun akademik 2022-2023, di Gedung Terpadu Ruang 404 lantai 4 dan dihadiri oleh mahasiswa baru, mahasiswa semester 3 dan 5.

Dalam penyelenggaraan Sosialisasi Pembelajaran (sospem) ini yang menjadi sasaran adalah seluruh mahasiswa(i) aktif PBA, khususnya mahasiswa baru. Sospem Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ini diisi dengan berbagai rangkaian acara yang telah dijadwalkan oleh panitia pelaksana. Adapun acara yang dimaksud dimulai dari pengenalan dosen Prodi Bahasa Arab, pengurus HMPS Prodi dan penjabaran Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS) Prodi PBA IAIN Manado, yang dibawakan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Hasnil Oktavera, M.Pd.I. Kemudian dilanjutkan pada sesi Pengenalan Budaya dan Layanan Akademik Prodi yang disampaikan oleh Sekprodi PBA, Abdurrahman Wahid Abdullah, M.Pd.I bersama Dr. Zainuddin Soga, M.Pd.I.

Pada sesi ketiga, Pengenalan Substansi Mata Kuliah yang terdiri dari MK Institusi, Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU), Mata Kuliah Pilihan, dan Mata Kuliah berbasis Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) dibawakan oleh Mufti Rizky Pony, M.Pd dan Alimdin Rivai, M.Hum. Dan pada sesi akhir, disusul materi penutup yang disampaikan oleh Misbahuddin, M.Th.I, berorientasi pada motivasi untuk memantik semangat mahasiswa menjalani proses perkuliahan. Dalam nasehatnya, tidak jarang beliau mengutip pesan para tokoh/ulama Islam terkemuka. Sebuah upaya untuk mengenalkan dan meneladani semangat belajar para tokoh/ulama terdahulu.

“Saudaraku, tidak akan memperoleh ilmu seseorang kecuali dengan enam perkara, yaitu: kecerdasan, kemauan, tekad, berkecukupan, dekat dengan para Alim, dan waktu yang lama,” pesan beliau mengutip nasehat Imam Syafi’i.

Adapun tujuan yang akan diharapkan dalam proses kegiatan ini adalah: (1) Meneguhkan arah dan orientasi visi dan misi IAIN Manado, dan terkhusus pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Manado,(2) Mahasiswa mampu menjadi sarjana yang memiliki kemampuan akademik professional dibidang pengajaran bahasa arab baik teori maupun praktik, (3) Sebagai upaya melestarikan budaya akademik di kalangan mahasiswa agar tercipta insan akademis yang diharapkan.

Output (keluaran) yang telah dihasilkan dari kegiatan Pelaksanaan Sosialisasi Pembelajaran Tahun 2022 pada aspek pengetahuan adalah mahasiswa mampu memahami arah konsep Pengelolaan Lembaga Pendidikan pada program studi berbasis keilmuan Pendidikan Bahasa Arab melalui pengenalan budaya akademik seperti sistem perkuliahan, pelayanan administrasi, substansi mata kuliah, dan visi misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN manado. Dan pada aspek praktis, mahasiswa mampu menginplementasikan konsep maupun teknis pengelolaan lembaga pendidikan.

Kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) akan dikembangkan secara berkesinambungan untuk memperkenalkan dan memberikan gambaran mengenai sistem perkuliahan, pelayanan administrasi, budaya akdemik, substansi mata kuliah, dan visi misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN manado, ujar ketua Program Studi PBA IAIN Manado.

(Mufti-Ali)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts