PBA IAIN Manado-(Jum’at, 30/12/2022). Untuk membentuk santri mandiri agar memiliki kesiapan, baik pada aspek skill, pengetahuan dan mental dalam bidang kewirausahaan (entrepreneur), maka Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Parepare berinisiatif melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menggandeng Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Manado, yang juga konsen melakukan pengabdian di Pondok Pesantren. Format PkM diselenggarakan dalam bentuk Workshop Kewirausahaan Santri Pembuatan Susu Kurma dan bertempat di Kampus 2 Putra Tonrongnge Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

Selain bentuk tindak lanjut dari perjanjian kerjasama secara kelembagaan, maksud pelaksanaan kegiatan ini untuk mengambil andil dalam pembentukan karakter santri mandiri yang memiliki jiwa wirausaha.

Lazimnya Pondok Pesantren dikenal sebagai lembaga pendidikan tertua yang hanya fokus pada pengembangan ilmu keagamaan dan santri adalah sebutan bagi mereka yang mengenyam pendidikan di lembaga tersebut. Namun paradigma itu bergeser, seiring waktu Pondok Pesantren mengambil langkah kongkrit, beradaptasi dengan kemajuan zaman, termasuk pada bidang kewirausahaan. Demi menyiapkan masa depan santri yang sukses di dunia maupun di akhirat kelak.

Kegiatan ini dimotori dan diinisiasi oleh Umaima, M.E.I., kaprodi Ekonomi Syariah IAIN Parepare yang sebelumnya mendapat pelatihan pembuatan Susu Kurma dari M. Husni Mubarak, M.Pd.I., yang merupakan dosen PBA IAIN Manado sekaligus pelaku Usaha. Pada kegiatan ini pula melibatkan pembina pondok, mahasiswa yang bertindak sebagai mentor, dosen Prodi Ekonomi Syariah, dosen PBA IAIN Manado, dan alumni prodi Ekonomi Syariah IAIN Parepare.

(admin)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts