PBA IAIN Manado-Dalam rangka menjaga kualitas pelayanan, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Manado menambah jangkauan relasi internasional, khususnya pada lembaga pendidikan di wilayah Asia Tenggara.

Beberapa waktu lalu, PBA IAIN Manado melasanakan banchmarking dengan bertandang secara langsung ke Universitas Kebangsaan Malaysia pada Senin, 28 Agustus 2023 dan Manchester Worlwide University Singapore pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Dari pertemuan tersebut diharapkan terjalin kerjasama dan upaya kolaboratif yang dapat menunjang peningkatan kapasitas dari kedua lembaga tersebut, baik pada aspek mahasiswa maupun dosen. Mekanisme kerjasama berlangsung pada tiga tahap, sebagaimana yang diuraikan oleh Pihak UKM yang diwakili oleh Wakil Timbalan Fakulti Pendidikan dan akan dilanjutkan setelah draft usulan kerjasama divalidasi oleh dari pihak UKM. Sedangkan tawaran kerjasama dari pihak FTIK dan PBA IAIN Manado diwakilkan oleh Dekan FTIK Bapak Dr. Arhanuddin, M.Pd.I.

Terdapat beberapa poin penegasan pada pertemuan tersebut, di antaranya pada kolaborasi bidang pendidikan seperti seminar internasional, visiting lecturer pada program kuliah tamu, dan dukungan studi lanjutan pada program doktoral program studi Pendidikan Bahasa Arab di UKM. Dan pada bidang penelitian, keterlibatan mahasiswa, dosen pada kegiatan konferensi ilmiah dan tawaran berpartisipasi pada jurnal prodi PBA IAIN Manado, baik sebagai author maupun reviewer.

Sedangan kesempatan kunjungan pada Manchester Worlwide University Singapore membuka kesempatan bagi mahasiswa dan dosen yang ingin melanjutkan studi dengan peluang relasi internasional, khususnya Asia.

(admin)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts