PBA IAIN Manado-Demi peningkatan kapasitas dosen dalam bidang research pada skala yang lebih luas dan level yang lebih tinggi, selaku Kaprodi PBA IAIN Manado, Dr. Zainuddin Soga, M.Pd.I. menginisiasi program sharing journal dengan tema yang menggunakan desain kalimat tanya, “How to Publish in International Journal.”

Selain program sharing dan pendampingan, program ini juga merupakan bentuk implementasi kerjasama lembaga yang terlebih dahulu disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman untuk saling membesarkan dan memberdayakan, khususnya pada bidang akademik.

Kegiatan ini menghadirkan Irmawati, S.S., M.Hum., yang merupakan Dosen Sastra Inggris pada Departemen Asia Barat Universitas Hasanuddin sebagai narasumber dan secara langsung dipandu oleh Dr. Zainuddin Soga, M.Pd.I. Turut hadir pada kegiatan ini, Dekan FTIK IAIN Manado, Wakil Dekan II FTIK, Kaprodi PGMI, Kaprodi Perbankan Syariah, Dosen-dosen FTIK dan Mahasiswa.

Pada pemaparannya, narasumber yang merupakan awardee LPDP tersebut menjelaskan bahwa sebelum scopus, sebenarnya terdapat metadata yang memiliki fungsi sama, namun akhir-akhir ini, mayoritas akademisi melirik metadata satu ini dikarenakan viral. Selain itu, pemerintah juga memberikan intruksi untuk mempublish artikel yang terindeks scopus. Lalu kemudian dilanjutkan pada pembahasan mengenai cara registrasi akun orcid dan scopus, identifikasi jurnal predator, validasi jurnal yang terindeks scopus, kategorisasi bidang pada scopus, dan tata cara pengemasan ide berbasis 6 pilar pada scopus.

Melihat antusias peserta, maka pelaksanaan kegiatan ini direncanakan tetap berlanjut dan menjadi program pendampingan agar mahasiswa dan dosen memiliki perspektif baru dan dorongan untuk menghasilkan karya yang dapat diakses secara internasional melalui jurnal yang terindeks scopus. (admin)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts