PBA IAIN Manado

Mukhayyam al-Arabiyyah merupakan salah satu program kerja tahunan dari HMPS PBA IAIN Manado yang diselenggarakan pada 10-12 November 2023. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bpk Dr. Drs. Ishak Wanto Talibo, M.Pd.I selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FTIK. Di samping itu, juga turut hadir membersamai Bpk Dr. Zainuddin Soga, S.S, M.Pd.I sebagai Kaprodi PBA IAIN Manado dan Bpk Alimudin Rivai, M.Hum selaku Dosen PBA IAIN Manado. Acara pembukaan yang diselenggarakan di Aula FTIK IAIN Manado alhamdulillah berjalan dengan lancar. Adapun untuk kegiatan lanjutan dilaksanakan di Villa Agape Sea, Sulawesi Utara.

Berbagai rutinitas yang dilakukan selama kegiatan Mukhayyam al-Arabiyyah, yaitu pengenalan mufradat-mufradat dalam bentuk kalimat yang wajib dihafal oleh para peserta dan ada materi tambahan berupa عبارة dari Bpk Mufty Rizky Ponny, M.Pd. Adapun bentuk muraja’ah dari mufradat yang telah dihafal yaitu dengan adanya games “Pos to Pos”. Dalam games tersebut terdiri dari 5 pos, yang dimana untuk bisa lanjut ke pos berikutnya seluruh peserta yang terbagi menjadi beberapa mentor diharuskan mengisi pertanyaan-pertanyaan seputar ungkapan-ungkapan yang telah dihafal. Hal tersebut tentunya dapat melatih daya ingat, kekompakkan dan kedekatan setiap peserta.

Selain itu, muraja’ah hafalan juga dilakukan dalam bentuk tes lisan oleh Dosen PBA IAIN Manado yang turut hadir. Sementara untuk mengetes pengetahuan umum para Mahasiswa baru seputar bahasa Arab, dilakukannya games sambung kata berbahasa Arab dan Ranking 1 yang dikoordinir oleh Ust. Alimudin Rivai, M.Hum.

Program studi yang berada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ini terus mengembangkan eksistensi ukhuwah yang terjalin antar seluruh anggota keluarga Prodi PBA, terutama dalam membangun jalinan silaturrahim yang baik dengan Mahasiswa/i baru, yaitu dengan adanya “Malam Keakraban” dalam kegiatan Mukhayyam al-Arabiyyah. Di samping mempererat hubungan kekeluargaan, malam keakraban ini sebagai bentuk penelusuran minat dan bakat dari seluruh Mahasiswa Prodi PBA IAIN Manado dengan harapan bisa menjadi potensi yang dapat dikembangkan dengan berkontribusi dalam setiap ajang perlombaan. (Pilliang)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts