Jumat (10/06/2022), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado menggelar rapat koordinasi perumusan visi, misi, tujuan dan startegi (VTMS) program studi. Perumusan ini dihadiri oleh tim perumus yang terdiri dari Ketua dan sekretaris Program Studi serta beberapa dosen tetap program studi dan mahasiswa.
Kegiatan perumusan yang digelar di ruang Program Studi PBA ini berjalan dengan lancar dan melahirkan gagasan baru dalam mengembangkan program studi PBA. Dalam rapat tersebut, tim merumuskan visi program studi yang merupakan turunan dari visi yang dikembangkan di tingkat Fakultas dan Institut. sedangkan misi program studi memuat berbagai langkah-langkah dalam mewujudkan visi yang telah ditetapkan. Adapun tujuan dan strategi disusun sebagai upaya nyata program studi PBA mengimplementasikan visi dan misi yang telah dirumuskan. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi program studi disusun dengan berpedoman pada ketentuan perumusan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi program studi di rumuskan berdasarkan pada ketentuan baku perumusan VMTS dari IAIN Manado yang memuat upaya pengembangan tri dharma Perguruan Tinggi yang berbasis pada masyarakat multikultural dengan menyelaraskan perkembangan dan tantangan yang akan dihadapi pada abad 21 serta mampu bersaing di kancah internasional.

Upaya maksimal yang dilakukan Program Studi dalam merumuskan VMTS tetap memperhatikan aspek-aspek yang berpengaruh pada akreditasi unggul yang ingin dicapai. Sehingga Visi Prodi yang telah dirumuskan adalah “Unggul dan Berdaya Saing dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Multikultural di Asia Tenggara Tahun 2035”.
Sedangkan Misi Program Studi yaitu: 1) Menyelenggarakan pendidikan akademik yang profesional, inovatif dan kompetitif dalam bidang pendidikan bahasa arab berbasis multikultural, 2) Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan bahasa arab berbasis multikultural, 3) Melaksanakan pengabdian di bidang bahasa arab berbasis multikultural, 4) Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab, sedangkan tujuan Program Studi yaitu menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, inovatif dan kompetitif serta menghasilkan penerjemah bahasa arab yang produktif.

VMTS yang dirumuskan masih berbentuk draft hingga di keluarkannya Surat Keputusan (SK) oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan nantinya akan disosialisasikan pada Dosen-Dosen, Mahasiswa, Alumni dan Stakeholder untuk mendapatkan respon dan tindak lanjut. Respon dan tindak lanjut tersebut akan menjadi acuan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebelum penyelenggaraan perkuliahan. (hasnil)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts