PBA IAIN Manado– (Senin, 09 Mei 2022) Dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu internal program studi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab melakukan benchmarking sekaligus silaturrahmi ke Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar yang berlokasikan di Samata, Gowa. Kunjungan PBA IAIN Manado yang diwakili oleh Abdurrahman Wahid Abdullah, M.Pd.I. selaku sekprodi PBA IAIN Manado disambut baik oleh pihak tuan rumah, yang dalam hal ini diwakili oleh Ahmad Munawwir, Lc., M.Pd.I. selaku sekjur PBA UIN Alauddin Makassar.

Pada sesi diskusi, Abdurrahman selaku perwakilan dari PBA IAIN Manado, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan langkah awal untuk menjajaki peluang kerjasama dengan PBA UIN Alauddin Makassar sebagai upaya peningkatan kualitas prodi, baik pada aspek managerial atau lainnya, agar mampu mengadaptasi keberhasilan PBA UIN Alauddin Makassar. Selain itu, hal ini pula merupakan bentuk lanjutan dari pendandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara IAIN Manado dan UIN Alauddin Makassar sebelumnya.

Beberapa isu pembahasan menarik banyak digali pada sharing pengalaman pengelolaan dan layanan Prodi. Terdapat berapa agenda yang menjadi catatan diusulkan oleh Ahmad Munawwir, Lc., M.Pd.I. dalam penyusunan naskah kerjasama (Implementation of Arrangement), yang di antaranya adalah rekognisi dosen melalui kegiatan webinar/seminar/workhop, pertukaran dosen/mahasiswa sebagai bentuk implementasi MBKM, kontributor artikel pada jurnal mitra, menjadi reviewer jurnal mitra, perbaikan mutu substansi tugas akhir mahasiswa, penelitian kolaboratif pada bidang pendidikan bahasa Arab dan pengabdian kolaboratif yang berorientasi pada peningkatan kompetensi pedagogik guru-guru bahasa Arab di kawasan timur Indonesia. (admin)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts