PBA IAIN Manado– Sehari sebelum kompetisi debat bahasa Festival Araby 4.0 Tingkat ASEAN yang diselenggarakan oleh Universitas Darussalam Gontor, tepatnya kamis, 15 Desember 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Manado menyelenggarakan “pemanasan” debat bahasa Arab bersama PBA IAIN Sultan Amai Gorontalo yang dikemas dalam bentuk laga persahabatan. Dan pada laga kali ini, tim yang mewakili PBA IAIN Manado terdiri dari Yusuf Farhan Mamonto, Ilfansyah M Firdho Fatli, dan Fitrah Alfahreza Putra Samuel.

Berlangsungnya kegiatan ini atas inisiatif salah seorang dosen PBA IAIN Manado yang juga bertindak sebagai mudarrib pada kelas tambahan munadzarah, yaitu Alimudin Rivai, M.Hum. Sebagaimana yang disampaikan Alimudin, kelas tambahan ini bertujuan untuk melatih dan menambah kompetensi mahasiswa pada tiga aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik). Yaitu, pada aspek kognitif, dengan membiasakan latihan dan memulai mengikuti kompetesi, akan mampu memantik daya nalar dan menambah wawasan mahasiswa. Pada aspek afektif, akan mampu menumbuhkan mentalitas mahasiswa agar lebih percaya diri terhadap kemampuannya. Dan pada aspek psikomotorik, akan mampu meningkatkan kompetensi berbahasa mahasiswa.

Mengundang dan menyelenggarakan laga persahabatan adalah langkah awal yang tengah dilakukan PBA IAIN Manado. Pasalnya, kegiatan ini merupakan agenda jangka panjang yang akan melibatkan kerjasama beberapa lembaga. Jadi, selain berorientasi pada peningkatan kompetensi mahasiswa, kegiatan ini juga merupakan implementasi kerjasama antar lembaga. Dan PBA IAIN Sultan Amai salah satu di antara beberapa lembaga yang telah melaksanakan penandatanganan naskah Implementation of Arrangement dengan PBA IAIN Manado serta merupakan institusi yang terletak pada provinsi tentangga. Adapun PBA IAIN Sultan Amai Gorontalo diwakili oleh Ustad Mukhtar, M.Pd.I. dengan menghadirkan tim yang terdiri dari Tri Agung Purnama, Mohamad Lahay, dan Nicky Befli Lasanggo.

Dr. Mutmainnah, M.Pd. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Hasnil Oktavera, M.Pd.I. selaku Kaprodi PBA IAIN Manado turut memberikan dukungan dan apresiasi. Sebab, kegiatan-kegiatan serupa ini telah membantu meringankan tugas program studi dan Unit Pelaksana Program Studi (UPPS) menuju Visi menjadi lembaga yang unggul dan berdaya saing di bidang bahasa Arab, khususnya pada kawasan Indonesia Timur.

(admin)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts