PBA IAIN Manado– Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia 2022 yang diperingati setiap 18 Desember menyelenggarakan Semarak Festival Aroby yang berlangsung selama 2 (dua) hari yakni 17 – 18 Desember 2022.
Kegiatan Semarak Festival Aroby yang dilaksanakan oleh HMPS PBA FTIK IAIN Manado itu dibuka oleh Dekan FTIK IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd, Sabtu (17/12/2022). Dalam sambutannya Dekan menyampaikan apresiasi kepada jajaran pengurus HMPS PBA yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan Festival Aroby. “Kegiatan ini sangat penting dilakukan sebagai ajang penelusuran minat dan bakat mahasiswa, baik dalam bidang bahasa Arab, maupun bidang lainnya seperi bakat seni dan olahraga”, ungkap Dekan. Dekan lebih lanjut berpesan agar kegiatan Festival Aroby ini ditetapkan sebagai program tahunan HMPS PBA dan ke depan diharapkan melibatkan peserta dari berbagai fakultas di IAIN Manado, juga termasuk melibatkan siswa madrasah di Sulawesi Utara dengan kategori lomba yang disesuaikan sebagai promosi dan sosialisasi program studi.
Sementatra itu, Wakil Dekan III FTIK IAIN Manado, Dr. Feiby Ismail, M.Pd, yang juga turut hadir dan memberikan sambutan, menyampaikan bahwa kreativitas dan inovasi Ormawa FTIK mulai dari HMPS, DEMA, dan SEMA sangat tinggi dan banyak melaksanakan kegiatan yang mendukung visi dan misi fakultas di bidang kemahasiswaan. Wadek III juga secara khusus mengapresiasi kegiatan Festival Aroby HMPS PBA ini karena beberapa cabang yang diperlombakan juga akan dilaksanakan pada kegiatan Tarbiyah Fest yang akan dilaksanakan pada Desember ini.
Dalam kegiatan Semarak Festival Aroby HMPS PBA 2022 bertajuk اللغة العربية تاج الدنيا و الأخرة ini disediakan jenis lomba yakni Ranking 1, Cerdas Cermat Araby, Hifdzil Qur’an, Ghina Araby, Puisi Araby, dan Badminton. Adapun peserta lomba ialah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Manado yang saat ini duduk pada Semeseter I, III, V, dan VII.

Ketua HMPS PBA FTIK IAIN Manado, Dimas Fitrah A. Rivai, mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan Semarak Festival Aroby ini ialah dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia dan ajang silaturahmi antarmahasiswa, alumni, serta dosen PBA FTIK IAIN Manado. “Melalui kegiatan ini juga kami HMPS PBA hendak mengambil bagian untuk mengenalkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab kepada masyarakat di luar kampus sehingga keberadaan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Manado lebih dikenal oleh masyarakat. Kami berharap mahasiswa dapat memetik manfaat dari kegiatan ini”, ujar Dimas.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan kegiatan yakni Ketua Program Studi PBA FTIK IAIN Manado, Hasnil Oktavera, M.Pd.I., Sekretaris Program Studi, Abdurrahman Wahid Abdullah, M.Pd.I, serta dosen-dosen Prodi PBA antara lain Dr. Zainudin Soga, M.Pd.I. dan Alimuddin Rivai, M.Pd.I.

(admin/at)

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts