PBA IAIN Manado-[6 April 2021] Rombongan rihlah ilmiah Prodi PBA IAIN Manado yang dilepas secara resmi oleh Dekan FTIK: Dr. Ardianto, M.Pd berangkat menuju Gorontalo pada hari Kamis, 2 Maret 2021. Rombongan yang didampingi oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab ini diikuti oleh 28 mahasiswa perwakilan dari setiap angkatan. Ikut serta pula pada rombongan ketua beserta pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Kegiatan Rihlah akademik yang mengusung tema Ar-Ru’yah wa at-Thathbiq li Ta’liimi al-Lughah al-Arabiyah fi wilayati as-Syarqiyah min Indunisia ini berlangsung 2-4 Maret 2021 yang bertempat di dua kampus, IAIN Sultan Amai Gorontalo dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturrahim dan meningkatkan mutu secara personal dan kelembagaan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sebagaimana tri dharma perguruan tinggi.

Sesuai agenda, rihlah ilmiah diawali dengan kegiatan sosialisasi kampus ke beberapa madrasah di Kota Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Selatan. Madrasah pertama yang dituju adalah Madrasah Aliyah Al-Hikmah yang berlokasi di Mogutat Kotamobagu. Rombongan disambut hangat oleh Kepala Madrasah Aliyah Al-Hikmah: Tofhan Mamonto, S.Pd., M.Si. Kegiatan sosialisasi dihadiri pula oleh siswa kelas 3 Madrasah Aliyah Al-Hikmah. Berbeda halnya dengan Madrasah Aliyah Al-Ikhwan Bolaang Mongondow Selatan, kegiatan sosialisasi tidak dihadiri oleh siswa, namun tetap mendapat sambutan baik dari kepala madrasah. Setelah sosialisasi selesai, rombongan meninggalkan Bolaang Mongondow Selatan menuju Gorontalo Jum’at ba’da ashar. Dan tiba di penginapan pada dini hari.

Pada jam 08.00 WITA, penandatanganan MOU dan kerjasama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo berlangsung di aula Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Kegiatan tersebuat dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan: Dr. Damhuri, M.Ag dan Sekertaris Jurusan: Dr. Abdullah, M.Pd.I, para dosen, pengurus HMJ, pengurus forum literasi, beserta sejumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Dr. Damhuri, M.Ag selaku Ketua Jurusan menyambut baik agenda kerjasama tersebut demi peningkatan mutu dan akreditasi kedua lembaga, terlebih lagi kedua lembaga tersebut serumpun.

Rangkaian kegiatan rihlah ilmiah juga diisi dengan dialog mengenai upaya peningkatan mutu lembaga dan wacana kontemporer seputar eksistensi bahasa Arab yang dipimpin oleh Bapak Hasnil Oktavera, M.Pd.I selaku Kaprodi PBA IAIN Manado setelah penandatanganan kerjasama selesai. Kegiatan ditutup setelah berfoto bersama dan kemudian dilanjutkan dengan makan siang.

Setelah dhuhur, tepat pada pukul 14.00 WITA, agenda kerjasama kembali dilanjutkan di Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Setiba di lokasi, rombongan disambut secara langsung oleh Dekan Ilmu Sosial: Dr. Tri Susanti, M.Si  yang membawahi 7 prodi, yang salah satu di antaranya adalah Program Studi Sastra Arab. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Prodi Sastra Arab: Sri Wahyuni R. Shaleh, M. Pd.I , Ketua Prodi Sastra Inggris: Dahlia, M.Pd.I, dan Berti, S.S., M.Hum selaku Dosen Sastra Arab Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Selain pendidikan, agenda kegiatan kerjasama ini juga dimaksudkan untuk pengembangan di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Maka dari itu, diharapkan dari kerjasama ini bisa melahirkan karya-karya ilmiah dari kedua belah pihak, baik dari dosen maupun mahasiswa.

Rombongan PBA FTIK IAIN Manado kembali menuju Manado sesudah seluruh rangkaian rihlah ilmiah selesai dilaksanakan*[A.Wahid]

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts